Minggu, 20 Desember 2009

Diskusi tentang metode pemisahan standar

Pertanyaan


1. Bagaimana proses distilasi yang sempurna ? ( Fathur, NIM : 055 )
Jawab : Komposisi uap yang ada dalam kesetimbangan dengan cairan pada suhu b1 adalah v1. Uap ini akan mengembun bila didinginkan pada bagian lebih atas di kolom distilasi , dan embunnya mengalir ke bawah kolom ke bagian yang lebih panas. Bagian ini akan mendidih lagi pada suhu b2 menghasilkan uap dengan komposisi v2. Uap ini akan mengembun menghasilkan cairan dengan komposisi l3.

2. Apa yang dimaksud filtrasi ? ( aditya, NIM : 021 )
Jawab : Filtrasi, yakni proses penyingkiran padatan dari cairan, adalah metoda pemurnian cairan dan larutan yang paling mendasar.


3. Bagaima proses penyaringan larutan dengan cara filtrasi ? ( choiruz, NIM : 027 )
Jawab : Biasanya filtrasi alami yang digunakan. Misalnya, sampel yang akan disaring dituangkan ke corong yang di dasarnya ditaruh kertas saring. Fraksi cairan melewati kertas saring dan padatan yang tinggal di atas kertas saring. Bila sampel cairan terlalu kental, filtrasi dengan penghisapan digunakan. Alat khusus untuk mempercepat filtrasi dengan memvakumkan penampung filtrat juga digunakan.
Filtrasi dengan penghisapan tidak cocok bila cairannya adalah pelarut organik mudah menguap. Dalam kasus ini tekanan harus diberikan pada permukaan cairan atau larutan (filtrasi dengan tekanan).

4. Apakah yang dimaksud dengan ekstraksi ? ( ade permana, NIM : 08-032 )
Jawab : Ekstraksi adalah teknik yang sering digunakan bila senyawa organik (sebagian besar hidrofob) dilarutkan atau didispersikan dalam air.

5. Bagaimanakah menyaring partikel yang sedikt apabila tidak bisa dilakukan dengan filtrasi ? ( chandra adi putra( 08-024 )
Jawab : Dengan sara menggunakan penyaring yang secara selektif mengadsorbsi sejumlah kecil pengotor. Bantuan penyaring apapun akan bisa digunakan bila saringannya berpori, hidrofob atau solvofob dan memiliki kisi yang kaku. Celit, keramik diatom dan tanah liat teraktivasi sering digunakan. Karbon teraktivasi memiliki luas permukaan yang besar dan dapat mengadsorbsi banyak senyaw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar