Senin, 30 November 2009

INDUSTRI VS LINGKUNGAN OLEH ROCKY HIMAWAN


bahan berbahaya masalah lingkungan hidup yang disebabkan oleh hape antara lain penggunaan, konsumsi energi dan pembuangan limbahnya. Penggunaan bahan berbahaya saat produksi di pabrik dan limbah hasil produksinya sudah menyumbang banyak masalah. Nah, masalah ini gak akan berhenti sampai disini. Masalah ini akan terus timbul mulai dari tahap produksi, sudah jadi, pemakaian, sampai nantinya sudah selesai dipakai dan dibuang menjadi sampah. Seperti barang elektronik lainnya, hape menggunakan berbagai bahan berbahaya jika tidak didaur ulang secara benar. Logam berat seperti mercury, cadmium dan timbal dipakai di hape, terutama untuk model-model lama. Penggunaan Brominated Flame Retardants ( BRF ) dipapan sirkuit dan casing juga berbahaya. Bahan-bahan ini sering dihubungkan dengan penyakit kanker dan gangguan kesehatan lainnya.
nah, sekarang bayangin udah berapa milyar hape di produksi saat ini, menuh menuhin bumi dan akhirnya teronggok sebagai limbah. Tebayang gak thuh? Kalau pengolahan sampah hape yang sembarangan akan menimbulkan masalah yang lebih besar daripada saat pembuatannya. Badan lingkungan hidup PBB memperkirakan bahwa lebih dari 50 juta ton limbah dari barang elekrtonik dihasilkan setiap tahunnya, dan sebagian limbah besar ini dikirim dari negara maju ke negara berkembang. Lembah industri seperti ini biasanya dikirim ke negara yang sudi mengimpor sampah seperti negara di asia macam cina, india, dan tentu saja indonesia. Tapi peraturan yang ketan makin mengakibatkan berubahnya jalur pengiriman ke afrika yang menyediakan fasilitas pengolahan limbah aman. Masalah ini menarik perhatian dari berbagai Pihak untuk segera dibuat peraturan internasional mengenai perdangangan limbah beracum.
sampah dari produk hape ini bukan cuma berasal dari produk hape na, kardus pembungkusnya pun menyumbang sampah yang tak kalah banyaknya. Belum lagi buku manual dll. Nah, kalau pada saat dibuat dan dibuang hape ternyata banyak menghasilkan limbah, gimana pada saat dipakai. Kalau untuk tahap ini, masalah yang timbul berbeda dari sebelumnya.
pada saat pemakaian masalah yang timbul adalah pemborosan energi karna kcerobohan pengguna hP. Sederhana aja sih, pemborosan ini berasal dari hape yang terus di charge walaupun batarai udah terisi penuh. Atau bahkan lebih banyak lagi dari charger yang masih di colokkin walapun charge tidak digunakan. Sbg contoh, charger nokia masih menghisap listrik 0,1 watt sampai 0,5 watt walaupun gak dicolokkin di hape. mungkin kalau dihitung perorangan sih jumlah segitu kaga ngaruh, tapi bayangin kalau jutaan charger ditinggal dalam kondiSi tercolok setiap hari.
menurut pihak nokia, kalau seluruh pengguna nokia membiarkan charger na seperti itu, listrik yang dikonsumsi sama dengan penggunaan listrik untuk mengaliri 100.000 rumah ukuran rata-rata di Eropa. Itu nokia aja lho.. Gimana kalau digabungin sama merk lainnya? Mungkin bisa untuk supply listrik keseluruh indonesia. Sekarang bayangin usaha yang dilakukan untuk memperoleh energi sebanyak itu. Berapa juta galon bahan bakar, batu bara, panas bumi, nuklis atau air yang dipakai. Ujung-ujung na adalah pemborosan sumber daya alam. Makanya mulai dari sekarang kamu harus peduli sama yang satu ini! Buruan deh cabut charger yang tercolok. Dan jika kamu punya kesadaran, beritahu juga teman teman kamu, ini kan juga demi kelangsungan kehidupan bumi kita.........


pertanyaan


1. bahan berbahaya apa yang menyebabkan masalah lingkungan…………? bahan berbahaya masalah lingkungan hidup yang disebabkan oleh hape antara lain penggunaan, konsumsi energi dan pembuangan limbahnya. Penggunaan bahan berbahaya saat produksi di pabrik dan limbah hasil produksinya sudah menyumbang banyak
2. apa pemborosan hp………..? pemborosan energi karna kecerobohan pengguna hP. Sederhana aja sih, pemborosan ini berasal dari hape yang terus di charge walaupun batarai udah terisi penuh. Atau bahkan lebih banyak lagi dari charger yang masih di colokkin walapun charge tidak digunakan.
3. masalah apa yang ada didalam industri………?Masalah ini akan terus timbul mulai dari tahap produksi, sudah jadi, pemakaian, sampai nantinya sudah selesai dipakai dan dibuang menjadi sampah. Seperti barang elektronik lainnya, hape menggunakan berbagai bahan berbahaya jika tidak didaur ulang secara benar.
4. bahan apa yang digunakan papan sirkuit……..?Penggunaan Brominated Flame Retardants ( BRF ) dipapan sirkuit dan casing juga berbahaya. Bahan-bahan ini sering dihubungkan dengan penyakit kanker dan gangguan kesehatan lainnya.
5. Sekarang bayangin usaha yang dilakukan untuk memperoleh energi sebanyak itu. Berapa juta apa saja usaha usaha tersebut…..?Balon bahan bakar, batu bara, panas bumi, nuklis atau air yang dipakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar